jump to navigation

Masjid Dijual???? 27 November 2013

Posted by rusman in Uncategorized.
Tags:
trackback

Assalamualaikum,

IMG01139

Dulu kita sempat sempat digegerkan dengan iklan Masjid dijual di salah satu situs jual beli online. Kini di daerah tempat saya tinggal kembali digegerkan dengan berita yang sama, yaitu Masjid Teja Suar yang terletak di jalan tuparev dikabarkan telah terjual. Kebetulan Masjid tersebut tidak begitu jauh dari tempat tinggal saya.

teja suar

Kabar tersebut menimbulkan reaksi keras dari umat Islam di Kabupaten Cirebon. Apa lagi Masjid Teja Suar Merupakan salah saru Masjid Bersejarah di Cirebon. Berita tersebut sudah menjadi perbincangan di berbagai media nasional (salah satunya disini, sisanya silahkan googling :D). Rencananya Masjid tersebut akan disulap manjadi Showroom mobil.

Menurut salah satu surat kabar lokal di Cirebon diberitakan bahwa pembeli dari Masjid tersebut adalah pengusaha batubara sekaligus pembalap nasional (siapa tuh???). Sedangkan penjualnya sekaligus pemilik tanah yang diatasnya masjid tersebut (maaf tidak saya sebutkan namanya) mengaku telah menjualnya sebesar 13 miliar.  Beliau juga ternyata memiliki 17 lembaga pendidikan dan 7 Masjid tersebar di seluruh Indonesia.

Rencananya hasil penjualan tersebut akan digunakan untuk membangun lembaga pendidikan Universitas Al Azhar wilayah Bogor. Sebelumnya beliau (pemilik tanah) melayangkan surat kepada Imam Besar Masjid Istiqlal perihal permohonan fatwa penjualan sebidang tanah yang di atasnya ada bangunan Masjid milik pribadi dan belum diwakafkan. Isi suratnya menjelaskan lahan tanah dimana Masjid berada di atasnya akan dijual karena kebutuhan mendesak untuk pembangunan sekolah yang sedang dikelolanya. Dan pemilik tanah tersebut juga meminta fatwa atas pembangunan masjid baru yang akan dibangun sesuai dengan luas dan kualitas yang sama.

Surat dari pemilik tanah dibalas oleh Imam Besar Masjid Istiqlal berkop Badan Pelaksana dan Pengelola Masjid Itiqlal dan menerangkan bahwasanya tanah dan bangunan yang belum diwakafkan statusnya adalah milik sendiri. Pemiliknya boleh melakukan apa saja atas tanah tersebut, boleh mewariskan, menjual dan lain sebagainya. Namun, munculnya reksi umat Islam di Cirebon membuat pemilik tanah shock dan sekarang jatuh sakit.

Menurut hemat saya, meskipun tanah yang ada bangunan Masjid di atasnya masih status milik pribadi dan boleh diperjualbelikan ada baiknya tanah tersebut diwakafkan saja karena memang untuk kepentingan umat sekaligus buat celengan pahala :D. Jika memang sedang membutuhkan dana lebih untuk membangun sekolahnya meski dari hasil penjualannya akan dibangun Masjid baru sesuai dengan luas dan kualitas yang sama ada baiknya tanah tersebut dijual kepada umat Islam atau pemerintah sehingga sekolah bisa dibangun, Masjid baru bisa dibangun dan Masjid lama masih tetap utuh dan digunakan sebagai tempat ibadah seperti semula.

lokasi

oiya, lokasi Masjid tersebut berada di jalan Tuparev. kalau dari arah jakarta dari bunderan kedawung lurus (kalau Jawa Tengah belok kanan), biasanya kalau pas mudik banyak orang nyasar ke jalan ini :D.

Sampai saat ini Pemerintah sedang berupaya untuk menyelesaikan masalah ini. Semoga saja masalah ini segera teratasi dan umat Islam jangan terpancing untuk melakukan reaksi yang berlebihan. Keep positive thinking saja ya :D.

Info terbaru dari surat kabar lokal. maaf kalau fotonya kurang jelas.

IMG01140

IMG01143

IMG01141

About these ads

Komentar»

1. orong-orong - 27 November 2013
2. Aa Ikhwan - 27 November 2013

walah

3. KomMotor - 27 November 2013

Save Teja Suar.. :(

4. An_Syahri - 27 November 2013

Hadeeuucchhh… Aya-aya wae….

5. Fitready - 28 November 2013

pernah jumatan disini, masjid yg bagus, sayang klo smpe di bongkar

6. Mase - 29 November 2013

ikut prihatin….masjid akan jadi showroom


Silahkan Berkomentar. Terima Kasih Atas Kunjungannya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: