jump to navigation

Cara saya mengatasi Rem Honda Revo yang kurang pakem 19 Maret 2012

Posted by rusman in Otomotif.
trackback

Menyambung postingan saya tentang rem, kali ini saya akan berbagi pengalaman saya bagaimana cara mengatasi rem Honda Revo saya yang terasa kurang pakem. Karena walau bagaimanapun juga saya menggunakan motor tersebut untuk tranportasi sehari-hari. Irit adalah alasan utama yang membuat saya tetap menggunakan motor berkapasitas 100 cc ini.

Ketika saya melakukan tune up di bengkel umum milik teman saya yang letaknya tidak jauh dari tempat kerja saya waktu itu, saya pun mencoba menceritakan permasalahan yang saya alami. Tidak lama kemudian doi mengecek kedua rem motor saya dan setelah selesai mengecek saya pun bertanya

Saya : “Gimana mas?”

Teman : “Ini rem depannya kemasukan angin jadi harus dibuang sama minyak remnya juga, nanti minyak remnya diganti pakai yang merk p******e yang biasa buat mobil, kalau yang belakang kampasnya licin karena bahannya terlalu keras harus diganti sama kampas baru yang bahannya lebih lunak atau dibuatkan alur, berhubung kampas yang terpasang masih tebal saya buatkan alur saja. Sayang kalau harus diganti.”

Saya : “Ya sudah mas, digarap saja.”

Tidak lama kemudian doi membuang minyak rem dengan mengendorkan baut pembuangan minyak rem. Terlihat banyak gelembung halus yang terbuang bersama minyak rem. Sebelum minyak rem habis doi menuangkan minyak rem yang baru sambil minyak rem bekas tetap dibuang, sampai akhirnya keluar minyak rem baru dari pembuangan baru lah doi menutup pembuangannya.

Setelah itu doi melepas kampas rem belakang dan membuatkan alur pada kampasnya. Alurnya tidak terlalu dalam karena waktu itu banyak juga “pasien” yang antri, kemudian dipasangnya kembali. Lalu saya pun dipersilahkan untuk mencobanya.

Ketika saya mencobanya saya pun kaget dibuatnya. Ternyata remnya benar-benar pakem. Terasa sekali bedanya yang semula terasa mbagel sekarang menjadi empuk. Begitu juga dengan rem tromolnya ternyata menjadi lebih pakem. Meskipun tidak sepakem rem motor pabrikan lain tetapi bagi saya sudah cukup aman untuk motor berkapasitas 100 cc ini.

Alhamdulillah hingga detik ini saya sama sekali tidak merasakan mbagel pada rem cakram. Untuk rem tromol kalau alurnya habis baru terasa ngluyur lagi. Pernah saya ganti pakai kampas tromol aftermarket yang harganya lebih murah yang konon menurut sebagian orang bahannya lebih lunak ternyata tidak demikian, bisa-bisa malah dapat kampas yang bahannya lebih keras dari yang original. Memang saya pernah mendapat kampas aftermarket yang bahannya lebih lunak saya sendiri lupa merknya apa, terbukti baru 6 bulan pemakaian kampas sudah tipis dan harus diganti. Ketika saya ganti dengan kampas aftermarket dengan harga yang sama (kalau tidak salah Rp. 15.000) tetapi dengan merk yang berbeda (yang ini juga saya lupa merknya), ternyata bahannya malah lebih keras dari yang original.

Saya sama sekali tidak menyarankan ataupun mengajak para pembaca untuk menggunakan cara saya diatas. Saya hanya ingin berbagi pengalaman demi keselamatan saat berkendara.

Silahkan komentar.

Komentar»

1. "ngelindur" - 19 Maret 2012

Ganti olinya emang tinggal tuang aja ya,, kalo emang semudah Ị̣̣†̥̥ʊ̈̇ saya jg mau praktekin nih di cakram vario bini yg kerasnya nauzubillah pakemnya ga seberapa.. Maklum dah 4th gak pernah service cakram.. :mrgreen:

rusmanjay - 19 Maret 2012

saya jg ga paham masbro, makanya saya serahkan sama teman saya.

2. bead revoist bms - 19 Maret 2012

mas bro.numpang tanya.revo sy dri mulai dri baqu komstirnya jduk jduk klo kena lobang.sm ngk mas bro punya sampean jg begtu?

rusmanjay - 19 Maret 2012

sama masbro, tapi udah dibenerin

bead revoist bms - 19 Maret 2012

apanya aja yg diganti?ane dah ganti komstri tetep aja. oya kang.dri kuningan jg ya.sm ath ya ane jg dri kuningan(luragung)

rusmanjay - 19 Maret 2012

ga ada yg diganti, temen saya yg benerin katanya sih cuma dikencengin setelannya. saya dari cirebon perbatasan dgn pancalang kuningan

3. jnakawara - 19 Maret 2012
4. Gogo - 20 Maret 2012

sip infonya bro..

salam kenal

5. ipanase - 22 Maret 2012
6. Novian Agung - 3 April 2012

Ganti lah Jay motorna, geus butut :p

rusmanjay - 3 April 2012

wkwkwk…. bisa bae

7. iwaqn saputra - 4 Desember 2012

bener banget tuh,, saya punya yamaha vega R dan karisma , saya pusing mikirin rem cakram depen karisma saya, udah ke bengkel beberapa kali tetep saja masih gak gigit juga,, sedangkan vega R saya ga ada masalah dengan rem, minta solusi nya dong dengan rem cakram honda karisma saya,, gimana cara nya supaya bisa gigit kaya vega R saya

rusmanjay - 4 Desember 2012

coba ganti pake kampas yg bahannya lebih lunak

8. adi - 26 Maret 2013

bisa gak ya karisma ganti rem depannya punya yamaha, soalnya lebih empuk dan pakem :)

rusmanjay - 26 Maret 2013

ga bisa

9. yheefira - 9 Juli 2013

Aku mau bongkar sendiri, tapi takut nggak bisa ngembalikan seperti semula. Hi..hi..hi..
Tapi memang, untuk cakram yang nggak pakem masalah utamanya adalah “masuk angin”

10. Ksatria Purnama - 17 Januari 2014

sama sama..

11. dudev - 14 Mei 2014

bisa pake p******e ternyata, praktek dulu gan, trims


Silahkan Berkomentar. Terima Kasih Atas Kunjungannya

